Senin, 20 Februari 2012

Macam-Macam Jaringan

      Berdasarkan lingkup luas daerah kekrjanya, secara geografis jaringan komputer dapat di bedakan kedalam beberapa macam di antaranya.

1.    LAN (Local Area Network)
     LAN yaitu suatu sistem jaringan dimana setiap komputer atau perangkat keras dan perangkat lunak digabungkan agar dapat saling berkomunikasi (terintegrasi) dalam area kerja tertentu dengan menggunakan data dan program yang sama, juga mempunyai ke cepatan transfer data lebih cepat.
        LAN mempunyai jangkauan maximal 100 m.

2.     MAN (Metropolitan Area Network)
       MAN merupakan susatu jaringan LAN dan WAN yang mempunyai jangkauan dengan luas geografis antara 10 km sampai dengan 50 km.
         MAN di gunakan untuk membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah satu kota, gedung, pabrik, kampus dan kantor pusat dalam area jangkawannya.

3.      WAN (Wide Area Network)
          WAN yaitu network yang mempunyai area kerja antar benua, dengan melewati batar geografis negara dan milik umum.

4.      INTERNET (Interconnection Networking)
          INTERNET yaitu jaringan komputer secara global (mendunia) yang dapat di akses ke seluruh dunia, dan dapat menghasilkan berbagi informasi, seperti: hiburan, pendidikan, kedokteran, artis, politik dan lain-lain.

5.       WIRELESS (Tanpa Kabel)
          WIRELESS yaitu jaringan tanpa kebel yang menggunakan teknologi RADIO (frekuensi) atau dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network) atau di sebut juga dengan istilah WiFi (Wireless Fidelity).

0 komentar:

Posting Komentar

 
;